News Update :

Google+ Badge

Tuesday, November 27, 2012

Cara Mengatasi Hasil Print yang Bergaris dan Tinta Tidak bisa Keluar

printer epson terbaru 2011
Cara mengatasi hasil print bergaris-garis, atau lebih parah lagi tintanya tidak bisa keluar. kondisi ini sering terjadi karena kurangnya perhatian terhadap head printer. Kelalaian dalam merawat dan menjaga printer khususnya printer Inkjet dapat menyebabkan kerusakan pada head printer secara temporary maupun secara permanen.
Untuk cara memperbaiki atau mengatasinya, hal pertama yang dapat kita lakukan adalah membersihkan head printer. Untuk cara membersihkannya, Lepaskan head printer dan catridge dari printer, pisahkan catridge tinta dari
head. Jangan menyentuh rangkaian elektronik yg ada disekitar Head printer, karena dapat menyebabkan kerusakan pada rangkainan elektronik tersebut. Gunakan cairan pembersih head untuk menghilangkan bekas tinta yang beku dan kering, kemungkinan besar itu adalah menyebab utama tinta tidak dapat keluar pada saat mencetak.

Kalau anda tidak memiliki cairan pembersih Head Printer coba gunakan tips berikut ini :
• Ambil air panas, tuangkan dalam mangkok.
• Celupkan ujung head ke dalam air panas yang ada dalam mangkok. Perhatikan jangan sampai air menyentuh rangkaian elektronika yang ada di sekitar head karena dapat merusaknya.
Goyang-goyangkan head printer tersebut hingga tinta yang ada di dalam head mencair.
• Ulangi langkah pencelupan (4 hingga 6) diatas dengan air panas yang baru hingga air panas yang baru tetap bening (tidak terkontaminasi tinta yang keluar dari head).
• Keringkan head printer dengan kain yang halus hingga benar-benar kering.

Pasang kembali head printer dan catridge ke printer dan cobalah untuk mencetak. Bila anda telah melakukan langkah-langkah pembersihan head printer seperti diatas namun hasilnya tetap sama, kemungkinan penyumbatan terjadi hingga bagian pipa penyaluran tinta. Bila hal ini terjadi, cobalah untuk menguapi saluran tinta head dengan uap panas hingga kira-kira tinta yang ada di dalam pipa mencair, kemudian ulangi langkah pembersihan head seperti diatas. 

Tips Cara Mengatasi Hasil Print yang Bergaris dan Tinta Tidak bisa Keluar diatas bersumber dari http://ngapak.eurogoo.com/forum. Semoga Bermanfaat.


Baca Juga :

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo

Muhammad Ikhwan Nurdin, S.Kom



Perkenalkan Saya adalah admin blog ichtechliomessi dan penuliskidal, di lahirkan di Kota Makassar, Pada tgl 26 Juni 1989, alumni STMIK DIPANEGARA, saya sangat senang berbagi informasi. kalau ada pertanyaan seputar IT, atau mau request. silahkan kontak saya di Email, Facebook, Twitter, atau BB. sy akan senang hati membalas pertanyaan anda.

Terimakasih, salam sukses. 

Blogger Followers