News Update :

Google+ Badge

Wednesday, October 17, 2012

WENTIRA NEGERI JIN TERMEGAH DI DUNIA “Believe it Or Not”

Wentira, mendengar nama itu pasti sangat asing di telinga para pembaca ichtech blog, pada postingan kali ini saya akan ceritakan untuk anda tentang kehidupan di alam wentira yang kalau di lihat dengan mata biasa hanyalah sebuah tikungan tajam yang merupakan jembatan, tugu dan sebuah pondok peristrahatan di pinggir jalan.Wentira terdapat di Kebun Kopi (lintas Trans-Sulawesi).


To wentira atau orang wentira menurut orang Kaili (Suku asli di Sulteng) ada di sekitar kebun kopi ( Jl poros tawaeli – Toboli ) di jalan poros tersebut ada satu jembatan yang masih ada sampai sekarang. Konon katanya, masih buatan Belanda. Di sampingnya ada satu jembatan, jembatan beton yang digunakan konon tahun 1980-an setiap kendaraan yg lewat wajib memberi kode lampu atau setidaknya klakson sebagai tanda permisi mau lewat.

Kata Tante Saya yang pernah tinggal di Poso selama 2 tahun (Palu:Sulteng), dia sudah beberapa kali melewati kawasan Kebun Kopi, Kawasan ini dikenal cukup berat, menanjak dengan kemiringan tajam. Belum lagi sering terjadi longsor. Jembatan itu masih ada, dan bahkan sekarang ada sebuah tugu berwarna kuning bertuliskan NGAPA UWENTIRA. Ngapa dalam bahasa Kaili berarti Kampung, Negeri atau Kota. Uwentira berarti tidak kasat mata. Jadi NGAPA UWENTIA berarti Kota Tidak Kasat Mata.

Berikut Gambar Tugu Uwentira di Palu Sulteng


Bagaimana ciri-ciri fisik warga Uwentira, apakah bedanya dengan manusia seperti kita?


Pertanyaan itu juga saya tanyakan ke tante saya saat ia menceritakan wentira, Katanya Warga Wentira sangat mirip dengan manusia pada umumnya hanya saja, ada satu perbedaan yang sangat mencolok yakni To Wentira tidak mempunyai garis pemisah diatas tengah bibir, seperti layaknya manusia normal. Bayangkan saja pasti sangat menakutkan. Nti sy update klo ada gambarx yahh..hehe.

Menurut keyakinan masyarakat setempat, yang disebut kawasan Wentira atau Uwentira adalah wilayah yang sekarang dikenal sebagai kawasan kebun kopi, di jalan Trans Sulawesi poros Sulawesi Selatan – Sulawesi Tengah. Di sekitar sana tidak ada pemukiman penduduk hanya pohon-pohon yang menjulang tinggi berwarna keputih-putihan ditandai dengan sebuah jembatan yang konon hanya orang yang mampu melihat hal-hal gaib-lah yang bisa melihat kalau ternyata jembatan itu juga merupakan pintu gerbang untuk masuk ke Kerajaan mistis Wentira. 

Cerita mengenai keberadaan komunitas “jin” Uwentira beredar cukup santer di kalangan masyarakat Palu. Mendengar kata Uwentira atau Wentira, mereka merujuk pada cerita, kisah maupun mitos soal keberadaan komunitas yang tak kasat mata ini. Hanya sedikit orang yang bisa melihatnya bahkan bisa berkomunikasi dengan warga Uwentira yang sering muncul bahkan di pasar-pasar di Palu dan sekitarnya. Kawasan Wentira ini oleh kalangan paranormal di Indonesia, memang dikenal sebagai salah satu wilayah paling angker di seluruh pelosok nusantara, bahkan pernah ada stasiun tv swasta (trans7) yang khusus meliput mengenai keberadaan kota mistis ini. Silahkan cek di Youtube, videonya terdiri dari beberapa episode.

Ini Video Lokasi Wentira Rekaman Video Amatir  


Demi menjawab rasa penasaran banyak pengunjung, saya ingin membagikan cerita yang pernah saya dengar mengenai Kota Jin ini :

 Kota Yang Sangat Modern

Menurut mereka yang pernah ke “Kota Wentira”, kota itu sangat modern, dgn peradabana yang sangat luar biasa. Semua jenis kendaraan ada disana (termasuk MRT). Masyarakatnya makmur dan serba berada. Yang menjadi persoalan adalah, pintu masuk ke kota tsb. Hampir tak satu orang pun bisa menjelaskn secara pasti lokasi jalan masuk. beberapa menjelaskna bhw pintu masuk dgn kendaraan roda dua dan mobil adalah melalui sebuah jembatan beratap. Jembatan ini sebenarnya menjembatani sebuah sungai yg membentang. Secara logika, bila kita masuk ke ujung satu pastilah bisa tiba di ujung satunya. Namun keanehan terjadi. Kadang2 ketika sebuah mobil memasuki ujung jembatan, mobil itu tdk pernah lagi keluar di ujung satunya. Beberapa hari kemudian, barlah pengendara mobil itu bercerita bhw mereka baru saja pulang dari Kota Wentira, di mana segala sesuatunya ada disana.

Wow…persoalannya, di bagian mana dari jembatan itu yg menjadi pintu masuknya? Sebab mobil tsb ketika memasuki jembatan, menghilang begitu saja dari pandangan mata….Sewaktu saya bertanya kepada beberap teman yg katanya pernah kesana, mengatakan, tempat itu sangat luar biasa. Namun tdk ada lagi yg berani kesana. 

 Mobil Truk Yang Lenyap

Saya ingat suatu kejadian aneh yang saya pernah dengar. Pernah suatu hari ada seorang pebisnis mempunyai proyek di daerah lokasi wentira. niatnya sih utk melewati jembatan itu tapi pas memasuki mulut jembatan, mobil truk yang dipakai dia dan supirnya tiba” hilang seakan” ditelan oleh jembatan itu. terus terang ini tidak masuk di akal tapi katanya kenyataan itu terjadi. jujur saya juga jadi penasaran dengan cerita tante saya yang katanya kota itu luar biasa modern. yah antara kenyataan dan fiksi believe it or not.

Kode Lampu Klakson Setiap Kali Lewat

To wentira menurut orang Kaili (Suku asli di Sulteng) ada di sekitar kebun kopi ( Jl poros tawaeli – Toboli ) di jalan poros tersebut ada satu jembatan yang masih ada sampai sekarang. Konon katanya, masih buatan Belanda. Di sampingnya ada satu jembatan jembatan beton yang digunakan konon tahun 1980-an, menurut cerita yang saya pernah dengar katanya setiap kendaraan yg lewat wajib memberi kode lampu atau setidaknya klakson sebagai tanda permisi mau lewat. Kalau tidak maka akan terjadi sesuatu.


Berikut cerita yang diangkat dari kisah nyata yang saya kutip dari beberapa forum di internet :

Cerita Pertama

Seseorang, dengan identitas seleb_celebes, memposting cerita ini di sebuah forum di internet. Berikut kisahnya. Untuk masuk ke Wentira, tidak boleh sembarangan, hanya yang dikehendaki dan diizinkan oleh penghuni Wentira yang boleh masuk. Nah, paman teman saya ini termasuk orang yang diizinkan, karena dia melakukan ritual-ritual ditemani oleh orang2 pintar di sekitar daerah itu. Sementara kalau orang yang dikehendaki biasanya orang yang katanya kalau lewat tidak permisi (tabe-tabe) dulu, lewat dengan sombongnya, dan biasanya yang seperti ini tidak pernah lagi kembali keluar. Pernah ada kejadian mobil melintas di tengah jembatan tetapi sebelum sampai diujung jembatan sudah keburu menghilang, kata penduduk skitar masuk kedalam Wentira.
Menurut cerita paman teman saya itu alam di dalam Wentira didominasi warna kuning keemasan dimana penghuninya hidup sangat sejahtera dan tidak ada yang miskin, kehidupan disana laiknya kehidupan normal, semua ada baik gedung, kendaraan dll tapi semuanya serba mewah.
Menurut cerita orang-orang di sekitar pegunungan Sulawesi Tengah yang katanya juga masuk kedalam area Wentira, kadang-kadang ada penghuni Wentira yang keluar untuk berbelanja di pasar-pasar tradisional, ciri-cirinya yang utama adalah tidak ada garis pemisah diatas tengah bibir seperti layaknya manusia normal, kalau mereka muncul tetap dilayani tetapi tidak ada yang berani mengganggu.

Cerita Kedua

Cerita ini sy kutip dari salah satu lapak di kaskus, kisah nyata Azizah seorang wanita tomboi dan ibunya tinggal di Biromaru KAB.SIGI yang sedang bepergian meninggalkan kota Palu untuk berangkat ke kota Poso. Peristiwa ini terjadi 5 tahun lalu.
Pada saat itu mereka berangkat dari kota Palu menuju kota Poso pada jam 10 malam. Di tengah perjalanan ibu Azizah ngantuk berat dan tak bisa lagi untuk menahan rasa ngantuknya. Ibu Azizah berkata pada Azizah "Ijah ane mamala mengelo tampa maturumo ruru kita, naroyo gagamo mataku hi eva domo mamala kutaha" yang artinya "Ijah kalau bisa kita cari tempat tidur saja dulu, mama sudah gantuk sekali ini sudah tidak bisa mama tahan". dan kebetulan pada saat itu Azizah sudah merasakan ngantuknya menjawab iye ma "iya ma". Berselang 10 menit berjalan mengedarai motor mereka melihat sebuah Rumah Makan dan Tempat peristrahatan yang mewah di Kota yang begitu besar dan di diami oleh ribuan bahkan jutaan penduduk. kemewahannya mengalahkan kemewahan Rumah Makan dan Tempat peristrahatan yang perna di kunjunginya di kota Palu dan besar kota itu seperti besar kota yang ada di luar negeri seperti Paris, tutur Azizah dan Ibunya. Mereka berduapun heran dan bertanya-tanya dalam hati kota apakah ini ? dengan memberanikan diri mereka menuju ke tempat peristrahatan itu kerana tidak tahan lagi ingin tidur. ketika mereka melangkahkan kaki menuju tempat peristrahatan tersebut Azizah di sapa oleh seorang aki-aki yang duduk di bawah pohon yang sangat besar (Pohon Nunu) dangan memakai pakaian yang sangat kotor. "Anda dari mana  dan mau kemana nak?" tanya aki. "saya dan ibu dari Palu mau pergi ke Poso jenguk keluarga yang sakit !! " jawab Azizah. spontan aki itu memberikan iya nasihat, Hai anak mudah janganlah kau banyak-banyak meluangkan waktumu di Kota ini karena kota ini akan memintamu untuk tinggal di sini selamanya. Azizahpun terkejut dan bertanya kepada aki tersebut, ki apa nama kota besar ini ? aki menjawab nama kota ini dalah Kota UWENTIRA. setelah mendengar nama itu bulu kuduk Azizahpun merinding dan iya mulai menengokkan kepalanya di sisi demi sisi kota wentira tersebut. Setelah iya ingin bertanya lagi kepada aki itu di palingkannya kepalanya dan terkejut melihat aki sudah tidak ada entah tau kemana. Iyapun berlari kepada ibunya yang hendak baring di sofa empuk dan menarik ibunya untuk segera pergi dari tempat itu karena setelah mendengar nasihat aki tersebut iya paham bahwa kota ini bukan kota di alam nyata melainkan kotanya mahluk gaib. Ibunya terkejud dan bertanya Nakuya Ijah ? (Kenapa Ijah ?), ibunya bertanya berulang ulang kali tapi Azizah tdk menjawab 1 pun pertanyaan dari ibunya dan terus menarik ibunya untuk pergi dari tempat itu. Sebelum mereka meninggalkan Kota besar itu Azizah memberikan tanda denga merobek sehelai bajunya dan mengikatnya di sebuah pohon kecil yang berada di depan pintu masuk kota tersebut.

Stelah 2 hari di poso, merakapun pulang ke Palu.  saat mereka pulang dari Poso menuju Palu, di sepanjang perjalanan Azizah menengok kekiri dan kekanan. Ibunya bertanya "nakuya ijah ? dako pangane iko aga ngali hau ngali tumai kaupuna kita aga mapola ranjalu !!" artinya "ada apa Ijah ? dari tadi kau hanya tengok sana tengok sini terakhir kita hanya jatuh di jurang nnti !!".
tidak ma ada yang mau saya lihat di sekitaran jalan yang kita lewati ini jawab Azizah. tak lama kemudian Azizah pun melihat kain baju yang di ikatkannya di pohon kecil di pintu masuk kota besar tersebut 2 malam yang lalu. dan iya terkejut ternyata keindahan kota yang mereka lihat 2 malam yang lalu hanyalah sebuah jembatan dan sebuah pondok peristrahatan yang kecil beserta hutan dan jurang yang berada di sekelilingnya. Iyapun hanya diam dan tidak brcerita apapun sepanjang perjalanan pulang kepalu. Hingga kini Azizah tidak bisa melupakan kejadian yang di alaminya 4 tahu  yang lalu.

Cerita Ketiga

Suatu hari di Pulau kalimantan ada sebuah tebing yang penuh dengan sarang burung walet tetapi tak seorang pun yang bisa memanjatnya, pada suatu ketika ada seorang pemuda dengan santai memanjat tebing itu meski tampa pengaman, melihat aksi dari pemuda itu warga serompak terkejut ketika turun para warga datang bertanya kepada pemuda itu karna wajahnya agak asing di mata warga, ketika para penduduk bertanya dari mana dia berasal, lalu pemuda itu menjawab dengan lantang ” saya dari Kota Wentira Palu” tak lama kemudian pemuda itu hilang di kerumunan warga, (Cerita yang saya kutip dari teman kuliah saya yg kebetulan orang sulteng), dari cerita di atas warga wentira juga sering berkelana dan mengembangkan kotanya dan menurut perkiraan kami Wentira telah berkembang sampai di Mamuju (sul-bar), Mekongga (sul-tra) dan bisa saja sampai di Kalimantan
Walaupun cerita ini seperti tak mungkin, namun saya sarankan agar kalian jalan-jalan untuk melihat langsung lokasi dari Wentira ini

Cerita Terbaru yang Saya dengar dari Tante Saya 

Katanya, sekitar awal tahun 2012 Ada seseorang yang memesan sebuah mobil BMW i series warna kuning dengan memberikan alamat “WENTIRA”.

Dan hebohnya, yang memesan itu adalah “seorang pria tua” tanpa ada keanehan sama sekali menurut sales promotion perusahaan tersebut. lalu setelah mobil tersebut di antar, ternyata tempat yang mereka datangi hanyalah hutan lebat.

Mungkin banyak sekali kesaksian-kesaksian dari orang-orang yang mengaku pernah jalan-jalan ke Wentira, Kalau teman" ada yg mungkin pernah memiliki pengalaman mistis atau pernah ke wentira sendiri sharing kesini yah. Thanks u.

Nantikan Postingan saya berikutnya yah. Salam kidal.

Sumber : My Research

Update 231012 jam 19:12

Janji saya pada postingan diatas, sy akan menampilkan foto orang wentira kalau ada hehe, mohon maaf sebelumnya saya hanya memiliki lukisan orang wentira beserta istanax yang di lukis secara langsung oleh ustas soleh pati dalam acara di tv swasta (trans 7) Tukul jalan-jalan.

dalam lukisan tersebut nampak gerbang kota wentira yang terdiri dari susunan anak tangga berwarna keemasan, di setiap anak tangga ada penjaga/pengawal yang memegang senjata.

selain itu ada bermacam-macam gedung pencakar langit dengan desain yang sangat eksotis.

dalam gambar tersebut tepat di samping istana, ada seseorang yang memakai topi (kopiah/songkok) yang di klaim sebagai presiden Wentira, dan di sebelahnya ada seorang putri yang mengenakan pakaian adat warna kuning yang di klaim nyi roro kidul sebagai pimpinan tertinggi di Wentira.

berikut lukisan penampakannya :



BELIEVE IT OR NOT



Baca Juga :

16 comments:

  1. amazing, mantap infox.

    ReplyDelete
  2. WKWKWKWK.. MISTIS" yeahhh...
    sy baru dengar, UPDATE klo ada fotonya Mahkluk Wentira yaa.. ehehe...

    ReplyDelete
  3. makasih udah berkunjung.
    kesana aja klo gak percaya. haha

    ReplyDelete
  4. Wow....seperti cerita dongeng saja...

    ReplyDelete
  5. iya, tapi kepercayaan orang2 di palu bgtu. malah di daerah wentira ada tugu yang khusus di bangun untuk menandai wilayah negeri mistis itu.

    ReplyDelete
  6. mantaks...
    ditunggu berita lainnya tentang wentire.
    dengar2 sih adam air (pesawat) yg hilang tempo hari itu ktanya landing disana..
    benar gtu gan???

    ReplyDelete
  7. mantaks...
    ditunggu berita lainnya tentang wentire.
    dengar2 sih adam air (pesawat) yg hilang tempo hari itu ktanya landing disana..
    benar gtu gan???
    wassalam.....

    ReplyDelete
  8. mantaks...
    ditunggu berita lainnya tentang wentire.
    dengar2 sih adam air (pesawat) yg hilang tempo hari itu ktanya landing disana..
    benar gtu gan???

    ReplyDelete
  9. Paman sy salah satu yg lalai dgn keberadaan kota uventira. Dgn sengaja mengabaikan seorang kakek yg minta se'ekor ikan, akhirnya terjun bebas ke jurang tdk jauh dari lokasi jembatan uventira, untungnya paman sy selamat dan 4 lainnya tewas dilokasi kejadian.

    ReplyDelete
  10. @duta : wah, ngeri juga ceritanya bro. makasih udah share..:)

    ReplyDelete
  11. sya tinggal di palu dan orang palu asli, tanpa sengaja teman sya pernah kesana dan beberapa bulan baru muncul, katanya di disana kerja di bank uwentira. ., wow. .ngeri. .
    Bahkan lalu ada turis yg datang kesana, dan mengatakan kalau uwentira adalah pusat peradaban modern dunia. .

    dan cerita itu memang nyata, dari dulu hingga sekarang.

    ReplyDelete
  12. kalau di Sulawesi sudah banyak cerita atas pengalaman peribadi tentang wentira,, cuman mereka belum atau tidak posting ke Internet, krn rata" yang mengalami sudah berumur 40 an keatas,, yg sudah gaptek,,,
    bahkan sekarang sudah byk yang kesana,, dgn bantuan juru kunci(paranormal).
    termasuk om saya sendiri.

    ReplyDelete
  13. Sudah banyak yg pernah kesana,, cuman rata" orang" yang saya kenal pernah kesana itu sudah tua" dan gaptek, jd gak posting ke internet,,
    bahkan om saya sendiri pernah kesana dgn bantuan juru kunci(paranormal) 3 bulan setelah itu baru kembali,,

    ReplyDelete
  14. Thanks infonya ,,,
    Sy baru tau tntang crita ini dari spupu sy, sy trtarik.
    Ternyata Kota Palu, lebih dari skedar Kota.

    ReplyDelete
  15. Trnyata Palu, lebih dari sekedar Kota ,,,,
    thanks infonya

    ReplyDelete
  16. Itulah kekuasaan sang pencipta... Tak ada hal yg tak mungkin.. Sy termasuk orang yg yakin dengan hal mistis..

    ReplyDelete

About Me

My photo

Muhammad Ikhwan Nurdin, S.Kom



Perkenalkan Saya adalah admin blog ichtechliomessi dan penuliskidal, di lahirkan di Kota Makassar, Pada tgl 26 Juni 1989, alumni STMIK DIPANEGARA, saya sangat senang berbagi informasi. kalau ada pertanyaan seputar IT, atau mau request. silahkan kontak saya di Email, Facebook, Twitter, atau BB. sy akan senang hati membalas pertanyaan anda.

Terimakasih, salam sukses. 

Blogger Followers