News Update :

Google+ Badge

Saturday, December 1, 2012

Cara Sederhana Mengembalikan Akun FB yang Di Hack


Suatu ketika mungkin anda pernah mengalami keadaan tidak bisa login pada account FB anda? padahal anda sangat yakin telah memasukkan password dan email yang benar,tapi tetap saja anda tidak bisa Login. Akhirnya andapun tersadar kalau account FB anda telah dibajak, dicuri atau di hack orang lain.

Bagaimana bila hal seperti ini menimpa anda?

Langkah apa yang mesti dilakukan? 

Apakah account FB milik anda akan bisa kembali ke pangkuan anda? 

Tak usah khawatir, pihak FB telah menyediakan Form Khusus bila suatu saat account FB anda tiba-tiba dicuri oleh orang lain. Anda tinggal memasukkan Data-data yang berkaitan dengan account FB anda di:


Isilah data-data yang diminta (mulai dari Nama, email, Network sampai URL Profile FB anda) dengan jawaban yang benar dan sesuai dengan data account milik anda. Berapa lama prosesnya? Setelah laporan anda diterima, dalam jangka waktu 24 jam pihak FB akan menindaklanjuti laporan anda tersebut. Pihak FB akan memberikan laporan balik kepada anda dalam jangka waktu 72 jam. 

Kalau laporan anda benar, dan anda mengisi Form Laporan dengan tepat, maka bisa dipastikan account FB milik anda, akan bisa kembali ke pangkuan anda. Tapi, cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan "forgot password" (berada di bagian atas form login), itu bila anda yakin anda lupa password account anda atau mungkin passwordnya telah diubah oleh orang lain, anda tinggal memasukkan alamat email account FB anda kemudian anda akan dikirimkan pesan dari pihak FB ke email anda, berupa link untuk mengganti password account FB anda dan itu berarti anda bisa mendapatkan kembali account FB anda. Dan, sebaiknya anda juga harus segera mengganti password pada email anda. Karena, bila memang password account FB anda di ubah orang lain, ada kemungkian pelakunya juga mengetahui password account email anda.!
 
Berikut sedikit tips menjaga account FB anda :
 
Perhatikan baik2 alamat url pada browser sebelum memasukkan username dan password pada form login. Untuk mengantisipasi terjadinya pishing atau fakelogin.
 
Berhati-hatilah pada keyloger yang mungkin berjalan di komputer yang anda gunakan (lebih khusus buat user2 yang login dari sybercafe). Karena program ini mencatat semua hasil pengeketikan dari keyboard anda (disarankan bila melakukan login, gunakan virtual keyboard pada windows).
 
Hati-hati bila melakukan login dari komputer yang menggunakan jenis jaringan LAN dan memiliki PCrouter, karena selain bisa dilakukan sniffpassword oleh user lain, password anda juga bisa di lihat pada router.

Bila anda sudah berhasil login, berhati-hatilah melakukan surfing ke website2 yang asing/aneh buat anda, karena di site tersebut mungkin dipasang script untuk mencuri cookies anda. tapi jangan terlalu takut, karena sangat jarang site yang melakukan cara ini.

Hati-hati dengan orang di sekitar kamu..! Social Enginering merupakan cara yang sangat simple namun sudah memakan banyak korban lho..

Tip-tip diatas juga bisa digunakan untuk menjaga account anda yang lain.

Sumber : facebook security


Baca Juga :

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo

Muhammad Ikhwan Nurdin, S.Kom



Perkenalkan Saya adalah admin blog ichtechliomessi dan penuliskidal, di lahirkan di Kota Makassar, Pada tgl 26 Juni 1989, alumni STMIK DIPANEGARA, saya sangat senang berbagi informasi. kalau ada pertanyaan seputar IT, atau mau request. silahkan kontak saya di Email, Facebook, Twitter, atau BB. sy akan senang hati membalas pertanyaan anda.

Terimakasih, salam sukses. 

Blogger Followers