News Update :

Google+ Badge

Saturday, October 13, 2012

Enam Jenis Hantu Yang Melegenda dari Tanah Sulawesi Selatan

Percaya atau tidak ? Berikut ini adalah sebuah artikel singkat yang berisi informasi tentang kisah dan cerita Nyata turun menurun tentang berbagai manusia aneh dan mahluk halus yang ada di Sulawesi Selatan.

Berdasarkan kisah nyata secara turun menurun, dijelaskan bahwa terdapat beberapa jenis manusia aneh atau menyerupai kebiasaan atau keahlian mahluk halus di Sulawesi selatan. Beberapa manusia aneh/Hantu yang diceritakan tersebut antara lain :

  • 1.   PARAKANG
                                                               ( Ilunstrasi Gambar)

Mahluk ini adalah seseorang yang bisa berubah-ubah menjadi hewan, benda dan apa saja yang bentuk dan modelnya aneh dan menyeramkan, beda dengan yang aslinya
Contohnya, dia berubah menjadi Anjing maka anjing hasil jelmaan manusia yang mempunyai ilmu parakang ini beda dengan anjing betulan, perbedaannya hasil jelmaannya tidak mempunyai ekor dan kaki anjing di belakang lebih tinggi.
Jelmaanya bisa juga berubah menjadi kucing,babi,kambing.dan hewan-hewan lainya.
Yang membedakan dia tidak mempunyai ekor/buntut.
                                                                  ( Ilunstrasi Gambar )

Selain menjelma menjadi hewan, terkadang Parakang juga bisa menjelma menjadi tumbuhan dan benda

                                                                (  Ilunstrasi Gambar )

Contohnya menjelma menjadi Pohon pisang & tempat ayam bertelur
Apabila anda melihat Pohon pisang dewasa hanya berdaun 2, tidak berpucuk dan daun tidak melebihi 3 helai. Maka itulah sesosok Parakang.

Ada cerita dari Nenek saya, dia mengatakan pernah ada orang yang menebang daun pisang tersebut, namun setelah di tebang , keesokan harinya ada orang yang hilang telinganya, dan kata Nenekku itulah Orangnya / Parakang.
Selain itu Ada cerita juga, yaitu Pak Haji yang sedang berada di perternakan Ayamnya, dia telah mengetahui kalau ada Parakang yang menjelma menjadi Amppoti / tempat bertelur ayam yang terbuat dari anyaman daun kelapa.
Langsung saja Pak Haji itu meletakkan Ubi Panas ke Amppoti,.tak di sangka Amppoti itu menjelma menjadi hewan dan lari kebirit-birit.

                                                                 ( Ilunstrasi Gambar )

Apabila anda bertemu hewan-hewan tersebut, dan anda ingin memukulnya. Pakailah satu helai sapu lidi dan pukulkan kebadanya. Ingat ketika Anda memukul cukup satu kali saja.
Bila lebih malah kita yang terkena sasaranya.

Konon parakang ini amat berbahanya, bisa memakan orang yang sedang sakit atau Bayi. Ilmu parakang ini bisa didapat berdasarkan keturunan dan menerima ilmu parakang dari seseorang.

  • 2.   POPPO
                                                                  ( Ilunstrasi Gambar )

Poppo ini adalah jenis manusia terbang, didapat dari keturunan. Orang yang menganut ilmu poppo katanya gesit dalam bekerja kalau siang hari, mata selalu memerah, suka meludah-ludah.
Konon bila malam hari manusia poppo ini akan terbang mencari buah-buahan atau mangsa lainya. Dan sebelum terbang, dia menyimpan uraian ususnya di Pammakang ( lantai atas rumahnya.tempat menyimpan padi) dan biasanya di belakang pintu.

Ada dua macam Poppo pertama Poppo sallang, jenis yang satu ini berbahanya karena bisa memangsa orang-orang yang sakit .
Kedua Poppo mandala, jenis ini tidak berbahanya karena dia hanya mencari buah-buahan pada malam hari.

  • 3.   TUJUA
Tujua inilah yang paling melagenda di sulsel, konon tujua ini adalah tujuh 7 tidak diterima diakherat, dalam artian sampai saaat ini mereka gentayangan antara alam Dunia dan akhirat. Konon lagi kuburan dari tujua adalah 7 kuburan yangterdapat dilapangan Karebosi. Roh dari tujua ini katanya dapat digunakan untuk menyantet seseorang, dan sampai sekarang masih banyak yang percanya akan adanya roh Tujua ini.

                                                                 ( Lapangan Karebosi )

                                                    
                                                                  ( Lapangan Karebosi )
Dari 7 orang tujua ini, katanya lagi, sibungsulah yang paling ampuh untuk menggunakan menyantet seseorang, sibungsu ini katanya sumbing dan bisu. 
  
                                      ( Inilah Makam Tujua yang berada di lapangan Karebosi)

                                                               ( Kuburan ini Berjumlah 7)
  • 4.   TALLU ANA
Tallu Ana ini adalah roh seseorang perempuan yang muncul bila kabut turun, katanya Tallu Ana ini suka menyembunyikan anak kecil, ini tidak di apa-apakan, cuman di sembunyikan.
Dan di daerah Sinjai Barat sering terdapat Anak kecil yang di sembunyikan oleh Tallu Ana, dan mereka biasanya menyembunyikan anak-anak tersebut dihutan selama 3 hari.

  • 5.   KONGKONG PANCING
Kongkong Pancing ini katanya bermukim digunung Bawakaraeng. Kongkong Pancing ini punya group dalam menyatroni Kampung-kampung kalau malam hari. Grop dari kongkong pancing ini sendiri, terdiri dari sikongkong pancing sendiri ( Seekor Anjing siluman) Burung siluman, kuda siluman dan sipenunggang kuda yang merupakan Bos dari siluman tersebut. 

                                                          ( Gunung  Bawakaraeng

                                                           ( Gunung  Bawakaraeng
Siluman ini biasanya disebut Tu Mappilelea atau yang menyebarkan, maksudnya yang menyebarkab bencana pada malam hari


  • 6.   CIBBIU
Cibbiu ini adalah sesosok Hantu Anak kecil yang berRambut panjang, Konon Cibbiu ini adalah Bayi yang di buang oleh ibunya. Sehingga Cibbiu ini sangat takut dengan ibunya,.sebalikknya dia menyukai ayahnya.
 
Demikianlah 6 Hantu yang berasal dari Tanah Sulawesi selatan,.Bahkan Hantu-hantu tersebut sudah terkenal di luar Sulawesi, seperti di Kalimantan,Jawa dan Sumatra.


Bagaimana dari cerita tersebut Apakah anda pernah mendengar, diceritakan, atau pernah menyaksikan sendiri penampakan Hantu-hantu tersebut ???....



Baca Juga :

No comments:

Post a Comment

About Me

My photo

Muhammad Ikhwan Nurdin, S.Kom



Perkenalkan Saya adalah admin blog ichtechliomessi dan penuliskidal, di lahirkan di Kota Makassar, Pada tgl 26 Juni 1989, alumni STMIK DIPANEGARA, saya sangat senang berbagi informasi. kalau ada pertanyaan seputar IT, atau mau request. silahkan kontak saya di Email, Facebook, Twitter, atau BB. sy akan senang hati membalas pertanyaan anda.

Terimakasih, salam sukses. 

Blogger Followers