News Update :

Wednesday, November 28, 2012

Garuda Come Back: Indonesia Kalahkan Singapura 1-0

Timnas Indonesia menjaga peluang lolos ke semi-final tetap terbuka lebar setelah berhasil menumbangkan Singapura dengan skor 1-0. Kemenangan ini membuat timnas memuncaki klasemen sementara grup B, sekaligus menjadi kemenangan pertama Indonesia atas Singapura di ajang AFF Suzuki Cup 2012.


Pada babak pertama, kedua tim telah menunjukkan permainan menyerang. Tetapi tidak ada peluang yang mampu dikonversi kedua tim untuk menjadi gol sehingga hingga turun minum kedudukan imbang tanpa gol tetap bertahan.

Pada paruh kedua, Indonesia mampu mendominasi permainan menyusul kartu merah yang diterima bek sayap Irwan Shah. Tekanan bertubi-tubi membuahkan hasil ketika tendangan bebas jarak jauh Andik Vermansyah berhasil menjebol gawang Singapura di menit ke-87.

Babak Pertama

Kedua tim tampak mengawali pertandingan dengan hati-hati dan tidak tergesa-gesa melancarkan serangan ke pertahanan lawan. Peluang pertama didapat oleh Indonesia memanfaatkan back pass lemah pemain Singapura ke kiper, namun sayang sambaran Oktovianus Maniani tidak ada yang menyambut.

Indonesia terus menekan melalui kecepatan Rahkmat dan Okto, namun perlahan Singapura dapat keluar dari tekanan dan mulai balik menekan melalui umpan-umpan silang ke daerah pertahanan Indonesia. Pada menit ke-15, sontekan Khairul Amri memanfaatkan tendangan penjuru hampir memecah kebuntuan, sayang bola masih melenceng tipis dari gawang Indonesia.

Pada menit ke-22, giliran Indonesia yang memperoleh peluang emas untuk mendapatkan keunggulan. Tetapi kiper Singapura Izwan Mahbud berhasil menepis tembakan jarak jauh yang dilepaskan oleh Vendry Mofu, sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru, yang juga tidak menghasilkan gol.

Tiga menit kemudian, giliran Wahyu Tri yang dipaksa untuk melakukan penyelamatan gemilang. Kiper kedua timnas Indonesia tersebut menepis tembakan Shahdan dari luar kotak penalti, memanfaatkan situasi set piece.

Singapura kemudian beberapa kali mencoba peruntungan mereka dengan melepaskan tembakan jarak jauh melalui Jiayi dan Shahdan, namun masih belum ada yang mengarah ke gawang Indonesia.

Lima menit menjelang paruh pertama berakhir, Singapura memasukkan striker veteran Aleksandar Duric menggantikan Hariss Harus yang tampak tidak mampu melanjutkan pertandingan karena cedera.

Novan Setya hampir mengejutkan Singapura melalui tembakan jarak jauhnya di  menit ke-43, beruntung Izwan kembali sigap mengamankan gawangnya. Dua menit kemudian, tandukan Baihakki Khaizan juga masih belum mampu memecahkan kebuntuan, sehingga kedudukan imbang tanpa gol bertahan hingga jeda.

Babak Kedua

Pada babak kedua, Indonesia tampil lebih agresif dengan memasukkan Andik Vermansyah dan Bambang Pamungkas menggantikan Elie Aiboy dan Rakhmat. Beberapa kali Indonesia menekan pertahanan Singapura namun belum ada yang dapat menembus kokohnya lini belakang The Lions.

Terus ditekan, Singapura terus melakukan kesalahan sendiri dan akhirnya bek kiri Irwan Shah melakukan pelanggaran keras yang membuatnya mendapatkan kartu kuning kedua sehingga mendapatkan kartu merah dan harus diusir ke luar lapangan pada menit ke-67.

Unggul jumlah pemain, Indonesia terus melakukan tekanan, Bambang Pamungkas hampir mampu memanfaatkan umpan Taufiq, namun Izwan yang keluar dari sarangnya berhasil mengamankan bola.

Di menit ke-73, Singapura sempat melakukan protes karena tidak mendapatkan hadiah penalti karena Amri terjatuh di kotak terlarang, namun wasit tetap pada keputusannya dan menghadiahi kartu kuning pada Amri karena dianggap melakukan diving.

Dua menit kemudian, Singapura hampir berhasil mencuri gol setelah Shahril Ishak berhasil menyambut bola umpan rekannya, sayang bola masih melayang di atas gawang yang telah ditinggal oleh Wahyu Tri.

Singapura yang sesekali menyerang hampir memecahkan kedudukan di menit ke-81, tandukan Duric memanfaatkan umpan silang Jiayi hanya menerpa mistar gawang Indonesia. Beberapa menit kemudian, tendangan bebas Qiu Li masih dapat diantisipasi dengan baik oleh Wahyu Tri.

Pada menit ke-87, Indonesia akhirnya berhasil memecahkan kebuntuan melalui tendangan fantastis Andik Vermansyah dari jarak yang jauh. Kiper Izwan yang terlanjur terlalu maju ke depan, gagal mengantisipasinya sehingga kedudukan berubah menjadi 1-0.

Indonesia sempat berpeluang menambah gol melalui aksi individu Andik, sayang Izwan berhasil mengantisipasi pergerakan pemain kelahiran Jember tersebut. Kedudukan 1-0 akhirnya bertahan hingga pertandingan usai.


Susunan Pemain:

Indonesia: Wahyu Tri Nugroho, Raphael Maitimo, Novan Setya, Wahyu Wijiastanto, Fahruddin, Vendry Mofu, Taufiq, Elie Aiboy, Okto, Rahmat, Irfan Bachdim

cadangan: Cornelius Geddy, Handi Ramdan, Nopendi, Rasyid Bakri, Valentinus, Andik Vermansyah, Samsul Arif, Bambang Pamungkas


Singapura: Izwan Mahbud, Daniel Bennet, Irwan Shah, Baihakki Khaizan, Baharuddin, Shahdan, Shi Jiayi, Mustafic Fahrudin, Hariss Harun, Shahrul Ishak, Khairul Amri

cadangan: Hyrulnizam, Isa Abdul Halim, Fazrul Nawaz, Qiu Li, Fazli Ayob, Duric, Firdauz Kazman, Hafiz Rahim, Zulfahmi
Sumber: Yahoo.co.id


Baca Juga :

No comments:

Post a Comment

Blogger Followers