News Update :

Google+ Badge

Friday, November 30, 2012

Mengenal Penyakit Kleptomania: Mencuri Menjadi Sebuah Obsesi

Mencuri untuk alasan apapun tetaplah dianggap hal yang salah. Namun apa jadinya bila mencuri menjadi sebuah obsesi pada diri seseorang. Keinginan itu muncul begitu saja ketika melihat suatu barang. Barang-barang ini seringkali diangap tidak berharga dari sisi harga. Namun keinginan untuk mencuri itu begitu kuat meskipun mereka tentu saja mampu membelinya. Kecendrungan seperti ini yang disebut sebagai kleptomania.

Kleptomania bisa diderita oleh siapa saja, dari mulai anak-anak sampai orang tua. Orang biasa ataupun selebritis. Kleptomania (bahasa Yunani: kleptein, “mencuri”, μανία, “mania”) adalah penyakit jiwa yang membuat penderitanya tidak bisa menahan diri untuk mencuri. Benda-benda yang dicuri oleh penderita kleptomania umumnya adalah barang-barang yang tidak berharga, seperti mencuri gula, permen, sisir, atau barang-barang lainnya. Sang penderita biasanya merasakan rasa tegang subjektif sebelum mencuri dan merasakan kelegaan atau kenikmatan setelah mereka melakukan tindakan mencuri tersebut. Tindakan ini harus dibedakan dari tindakan mencuri biasa yang biasanya didorong oleh motivasi keuntungan dan telah direncanakan sebelumnya (Wikipedia.com)

Kasus-kasus klepto pada anak-anak biasanya hanya dipandang sebagai kenakalan anak-anak biasa. Pada orang dewasa, apalagi orang terkenal kasus ini bisa berdampak pada rusaknya nama baik. Sensasi ketegangan yang dialami ketika mencuri lebih mendominasi mereka daripada hasrat memiliki benda tersebut. Secara finansial mereka mampu membeli benda-benda tersebut. Namun ketegangan yang mereka rasakan ketika melakukannya itulah sesungguhnya yang membuat mereka mengulang perbuatan tersebut. Beberapa artis Hollywod, Penyanyi, Olahragawan,  pernah tertangkap karena kasus klepto atau mengutil di pusat-pusat perbelanjaan. Diantaranya yaitu :

 
Katy Perry, Pelantun hits I Kissed A Girl. Dalam perjalanan konser nya dia mengaku selalu mengutil barang-barang di Hotel tempatnya menginap. Barang-barang tersebut memang hanya barang-barang remeh temeh seperti sikat gigi, asbak, handuk ataupun bantal yang ada dikamar.


Bai Ling, aktris Hollywood asal China, dia ditangkap karena ketahuan mencuri majalah dan batu baterai. Ia penah membintangi film-film box office seperti The Crow, Wild-Wild West, dan Sky Captain After Tomorrow dan juga serial televisi terkenal Lost.


Lindsay Lohan, dituduh mencuri kalung seharga USD2.500, dari toko perhiasan Venice, di California. Dia bersikukuh hanya meminjam perhisan tersebut. Namun Kamera pengawas dengan jelas menunjukan bukti-bukti pencurian nya.


Wynona Rider, tertangkap tangan mencuri pakaian yang dimasukan kedalam tas nya. Dia beralasan mencuri untuk pendalaman peran yang akan dimainkannya dalam sebuah film. Hakim tetap mevonisnya bersalah.


Jenifer Capriati, seorang petenis terkenal , juga pernah ditangkap karena mencuri cincin disebuah Mall.  Brytney spears dan Megan fox pun pernah di kabarkan ketahuan mencuri. Masih banyak lagi daftar artis yang pernah tersangkut masalah hukum karena mengutil.

Satu kasus yang baru-baru ramai diberitakan adalah pencurian yang dilakukan oleh Presiden Czek,  Vaclav Klaus

 
ketika sedang melakukan konferensi pers bersama Presiden Cile Sebastian Pinera pada Selasa 12 April 2011 waktu setempat. Meskipun sang presiden membantahnya, namun rekaman video yang di unggah di Youtube memperlihatkan itu.

Di Bawah ini Video yang memperlihatkan Presiden Czek, Vaclav Klaus saat melakukan Aksi Klepto (Pencurian).


Kleptomania sendiri seringkali tidak disadari oleh penderitanya. Sensasi adrenalin yang mengalir kencang, degup jantung, dan rasa takut bercampur menjadi satu. Sensasi ini memberikan kenikmatan yang luar biasa,setelah aksi yang mereka lakukan itu selesai. Mereka baru menyadari itu adalah hal yang memalukan ketika ketahuan oleh petugas.

Penyakit ini umum muncul pada masa puber dan ada sampai dewasa. Pada beberapa kasus, kleptomania diderita seumur hidup. Penderita juga mungkin memiliki kelainan jiwa lainnya, seperti kelainan emosi, Bulimia Nervosa, paranoid, schizoid atau borderline personality disorder.Kleptomania dapat muncul setelah terjadi cedera otak traumatik dan keracunan karbon monoksida.

Kasus-kasus kleptomania yang terjadi diluar negeri umumnya hanya menyangkut pencurian-pencurian kecil. Nilai barangnya pun tidak seberapa. Bagaimana dengan Negara kita Indonesia? Kita hanya bisa berharap kasus korupsi bukan seperti kasus klepto ini. Semakin sering korupsi semakin ketagihan. Semakin banyak yang ditangkap semakin banyak orang yang korupsi.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kleptomania


Baca Juga :

2 comments:

  1. Wah ya juga tuh... Sekarang Koruptor makin menjadi-jadi di tanah air kita..

    ReplyDelete
  2. iya, mungkin banyak pejabat kita udah kena penyakit klepto mania.

    ReplyDelete

About Me

My photo

Muhammad Ikhwan Nurdin, S.Kom



Perkenalkan Saya adalah admin blog ichtechliomessi dan penuliskidal, di lahirkan di Kota Makassar, Pada tgl 26 Juni 1989, alumni STMIK DIPANEGARA, saya sangat senang berbagi informasi. kalau ada pertanyaan seputar IT, atau mau request. silahkan kontak saya di Email, Facebook, Twitter, atau BB. sy akan senang hati membalas pertanyaan anda.

Terimakasih, salam sukses. 

Blogger Followers